Lahiran

by - September 07, 2021


Dari dulu sudah punya tekad bahwa kalok melahirkan ya lahirannya normal. Ketika waktu tiba, mengandung dan sampai puncak mendekati 9 bulan. Rasa dag dig dug pasti ada. Bisa ngk ya aku normal ? Mencoba selalu meyakinkan diri bahwa semua bisa karna Allah sudah membuatkan jalannya secara alamiah. Ternyata 9 bulan lewat juga, kandungan sudah melewati Hari Perkiraan Lahir. Semakin cemas, takut ada apa-apa dalam kandungan karena tak kunjung launcing juga. Namun doa tak pernah putus, minta kemudahan selalu sama Allah.

 1 Agustus 2021 (Minggu) aku dan suami merencanakan untuk USG kembali, melihat keadaan debay gimana karena memang kita sudah menunggu-nunggu dan sedikit cemas.

2 Agustus 2021 (Senin) sepulang kerja suami bilang kalo selasa mau ambil berkas di kabupaten. Hati jadi cemas, ntah kenapa feeling ku takut nanti pas ditinggal malah debay ngajak keluar. Mau kompromi sama suami tp itu udh tanggung jawabnya, udh ditunggu juga berkas nya. Jadi mencoba mengiklaskan kan dan bilang ke debay "kalok ngajak keluar pas ayah di rumah aja ya nak".

3 Agustus 2021 (selasa) suami ngk jadi berangat hari itu, ditunda hari rabu karena biar barengan sama warga. Tp malemnya karena berkas ada yang belum kumpul jg dan hal lainnya suami memutuskan untuk tidak berangkat lagi. Kemudian aku ngajak suami buat besok izin kerja untuk USG, jangan ditunda2 lagi karena hari terus berganti.

4 Agustus 2021 (rabu) Malamnya aku merasakan panas yang luar biasa. Bangun tidur mulai merasakan kontraksi (rasanya kayak mau haid) namun karna sebelumnya aku sering kontraksi palsu juga, jadi aku masih tenang dan ada rasa berharap juga. Feeling juga mengatakan "apa hari ini debay mau lahir ya, ngkpapa kalok memang sudah waktunya.

Seperti biasa aku melakukan aktifitas pagi. Bantuin mertua masak dan bersih2. Di saat nyambi masak, kontraksinya jadi sering muncul tp aku masih diem aja blm bilang ke suami maupun mertua. Aku buat  mondar-mandir jalan. Sarapan sampai mertua pada berangkat ke kebon masih diem aja hehe. 

Sebelumnya sama mertua udah bilang kalok hari ini mau USG dan cek yang lain. Qodarullah, rasanya makin terasa. Aku perhatikan, kontraksinya dari 5 menit sekali jadi 3 menit sekali dan durasi mulesnya itu sekitar 30 detik. Karena samakin sering aku baru memberanikan diri untuk bilang ke suami.

09.00 WIB : Yaudahlahh nanti sekalian cek up aja. Sambil siap-siap berangkat. Namun lama kelamaan feeling kok semakin yakin kalok ini kontraksi beneran dan hari ini juga bakalan lahiran. Akhirnya ku ngjaka suami untuk cek ke bidan dulu sebelum USG ke klinik. Karena tempat bidan dan klinik lebih dekat ke bidan.

10.00 WIB : Sampai tempat bidan, aku mengutarakan apa yang aku rasakan. Kemudian di cek pembukaan. Benar feeling ku, ternyata udah pembukaan satu. Bidan menyarankan untuk tidak pulang, suruh nunggu di dekat rumah bidannya. Sebenernya kalok pas ngk penuh suruh nunggu di rumah bidannya tp berhubung ada 4 orang yang melahirkan jd kita disuruh nunggu di temapt terdekat rumah bidan.

Alhamdulillah nya deket rumah bidan ada tempat usaha suami. Jadi kita nunggu disitu. Kontraksi masih bisa dikondisikan. Aku buat jalan-jalan, jongkok-jongkok, afirmasi positif, dan komunikasi sama debay. 

12.30 WIB : Sampai abis dzuhur mulai ngk betah, karena panas jadi ngk bisa istirahat. Akhirnya suami ngajak untuk pindah ketempat mba wati (ibunya tetangga rumah suami).

Sampai tempat mba wati langsung nelpon bapak minta doanya.

Sebenernya ngk enak numpang disitu juga,  karena rumahnya warung jd rame apalagi sambil mules-mules gtu. Waktu berjalan. 

15.00 WIB : Sama mba wati disuruh cek lagi. Ternyata masih pembukaan 1 . Akhirnya balik lagi ke tempat mba dan dikasih gymball buat merangsang pembukaan.

15.15 WIB : Ngk lama sampe rumah mba wati, ibu mertua datang. Jadi suami bisa gantian sama mertua buat nenangin aku saat kontraksi datang.

17.00 WIB : Berlanjut sampe maghrib, tiba-tiba bapak nelpon kalok udh sampe deket rumah bidan. Jadi rame yang nungguin dan kontraksinya semakin kenceng. 

20.00 WIB : Karena makin kenceng akhirnya abis isya cek lagi dan pembukaannya nambah jadi 3. Namun ngk balik lagi, sama bidanya udh dikasih ruangan buat nunggu disana. Nunggu satu jam akhirnya pembukaan nambah jadi 7. 

21.30 WIB : Setelah di cek akhirnya masuk ke ruang bersalin. Aku kira setelah masuk langsung di tanganin ternyata masih nunggu dan rasa kontrasinya semakin kuat.

Di ruang bersalin aku hanya ditungguin sama suami dan 4 bidan. Kondisi di dalam waktu itu tangan suami aku pegang sambil aku remas-remas tiap kontrasi itu muncul.

23.30 WIB : akhirnya bidan memberikan intruksi untuk mengejan dan tangan suami ikut dorong perut agar cepat keluar.

23.50 WIB : akhirnya Ghaida Sofia Ahmad lahir dengan berat 4,3 kg dan panjang 48 cm.

You May Also Like

0 Comment

  • Bagikan