Bayi Tidak BAB Selama Seminggu

by - Oktober 07, 2021


Kali ini aku mau sharing tentang pengalaman aku menghadapi bayi ku yang tidak BAB selama seminggu lebih. Bayi ku waktu itu sekitar umur 3 mingguan. Sebelumnya BAB lancar normal. Tiba-tiba tidak BAB. Tadinya sehari dua hari masih kita anggap biasanya. Semakin lama kita tunggu-tunggu ngk BAB juga sampe 9 hari. Makin panik khawatir.

Dari berbagai sumber yang aku baca, selama bayi minum asi eklusif maka tidak apa-apa. Batas waktu normalnya selama 10 hari kalok sudah lebih 10 hari lebih baik di periksa ke bidan atau dokter.

Setelah seminggu nunggu bayi aku yang ngk BAB, aku mencoba banyak makan buah pepaya, buah pisang dan minum jamu kunir asem. Sudah mencoba berbagai hal tapi belum kunjung BAB juga.

Berhubung anak pertama, akhirnya di hari ke 9 ngk BAB aku periksa ke bidan. Di tempat bidan dikasih obat mikrolac dan beberapa menit kemudian Bayi aku BAB. Aku tanya ke bidan kenapa bayi aku bisa ngk BAB selama itu ? Katanya itu hal yang masih normal, bisa jadi asi nya yang diminum mau jadi daging. Memang ada beberapa bayi begitu. Terpenting hanya asi ekslusif.

Setelah itu, bayi aku ngk BAB lagi selama 6 hari. Aku kasih mikrolac dari bidan tp ngk BAB juga, selama sehari setelah dikasih mikrolac. Jadi panik lagi dan sempat mau ke bidan lagi. Tapi selang 2 hari akhirnya BAB juga. Alhamdulillah

Jadi pesan buat ibu baru jangan panik dulu selama itu masih ngk BAB selama 10 hari dan hanya asi eklusif tanpa sufor. Perbanyak makan sayur dan buah ya. 


Salam Semangat MengASIhi

You May Also Like

0 Comment

  • Bagikan