Menjadi Ibu Yang Dipatahkan

by - Januari 17, 2022


 Haiii....

Assalamualaikum...

Kalok pas anak bobo terus suami lagi keluar merasa bete ngk sih bun, kadang udah capek butuh temen ngobrol eh ngk ada. Makanya aku suka nulis karna dari dulu jarang ada temen ngobrol.

Sesuai judul aku mau mengungkapkan perasaanku pertama kali menjadi ibu. 

Jujurly ini pengalaman pertama kali, teori sudah belajar tinggal mempraktekannya. 

Karena sudah mempelajari teori berarti sudah menyusun rancangan ya gimana impian menjadi seorang ibu. Wahhhh membahagiakan sekali pas membayangkannya.

Impian aku pertama kali menjadi ibu saat anak aku lahir pertama : aku mau beri asi ekslusif. Tapi eh tapi 3 hari asi keluarnya dikit udah disuruh kasih sufor karna bayi aku nangis terus dikira ngk kenyang.

Padahal hal kayak gitu juga dialami hampir seluruh ibu, hampir ya ngk semuanya berarti. Banyak diluar sana yang sabar dan mensupprot ibu bayi agar tetep ngasih asi.

Sedangkan aku malah serasa disalahkan dan bayi ku diberi sufor. Sempet tuh suami sama mertua debat karna aku dan suami dari awal hamil udah sepakat untuk asi ekslusif. Tapi DiPATAHKAN.

Kedua : mengenai perawatan bayi. Memang ya aku belum pernah sama sekali merawat bayi, setelah punya anak ya itulah aku belajar merawat bayi.

Awalnya aku ngk masalah kalok bayi aku dikasih bedak. Tapi tau sendiri kan gimana orang jaman dulu kalok bedakin anak bayi, udah kayak ditepungin. Aku nyoba ngomong pelan, tapi selalu disalahkan. 

Akhirnya pas anakku gatal, sekalian aku stop pemakaian bedak. Iya walaupun selalu dibilang " udah mandi seger tapi sayang ngk bau bedak", "bedak banyak tapi ngk dipake", "dipakein bedak itu biar anget". Perasaan aku kalon make bedak bayi malah dingin.

Terus masalah bedong. Aku juga awalnya ngk terlalu memasalahkan. Memang waktu pas bayi butuh kehangatan kan. Tapi ini bayi udah banyak pola. Tangan udah megang apa-apa. Kakinya kesana- kisini. Masa iya suruh bedong.

Kalo waktu tidur dibedong oke aja ya, karna wayahnya bayi istirahat jadi kalo memang bayi udah agak gede dibedong fungsinya biar ngk capek, pas tidur itu tepat. Tapi kalok pas melek, minta maen aku ngerasa jadi mengekang bayiku. 

Sebenernya udh aku pingin lepas bedong karna makin kesini bayi ku udh mau bukan bayi lagi. Tapi selalu aja dibilang ini itu. DIPATAHKAN.

Ketiga : bayi aku sekarang 5 bulan lebih umurnya. Dari umur 4 bulan bayi aku udh mulai merangsang apa yang dia pegang masuk kemulut. Bukankah itu wajar buat anak yang mendekati 6 bulan. Berarti insting dia menangkap.

Namun selalu saja, dikira bayiku minta makan, udah laper minta makan. Tau dari mana bayi aku minta makan, bayi ku aja belum bisa ngomong. Bayi aku juga masih cukup asi, cuma kalian aja yang ngk sabar denger bayi nangis.

Bayi nangis bukan berarti laper terus, bisa jadi dia ngk nyaman, pingin ganti maenan, pingin digendong, pingin keluar rumah, pingin jalan- jalan, pingin mandi, dll.

Sampe akhirnya karna ngk sabar semua seisi rumah. Bayi aku dikasih sepotong roti. Padahal aku udah merencanakan akan mpasi tepat 6 bulan. Lagi- lagi di PATAHKAN.

Ada ngk bunda yang ngerasain apa yang aku rasain. Cuma bisa nangis pas tengah malem. Kadang pas sendiri atau lagi ngelakuin sesuatu keinget hal itu dan jadi sedih. Kenapa sih selalu DiPATAHKAN bukannya di support.

Maaf kalok pake emosi, tapi biar semua tersalurkan.






You May Also Like

0 Comment

  • Bagikan