Cara Mengatasi Bintik Merah Berair Pada Bayi

by - Oktober 22, 2021

 Hai .....

Assalamualaikum.....

Baru 2 bulan lebih jadi ibu, sudah banyak sekali pengalaman yang jadi pembelajaran buat aku. Kali ini aku mau sharing lagi pengalaman aku mengatasi bintik merah berair pada bayi ku yang waktu itu terkena umur bayi ku kurang dari 2 bulan.

Panik ngk ? Panik lah masa ngk. Aku sebagai orangtua menerka-nerka apa yang bayi ku rasain, bisa jadi bintik merah itu rasanya gatal, panas, dan lainnya. Ngk tega liatnya. Penasaran ya bintik merah berairnya gimana.


Itu penampakan bintik merah berarinya. Aku kurang teliti mulai dari kapan ada bintik merah berair itu, tiba-tiba di telapak tangan bagian kiri sudah banyak. Aku juga belum tau apa penyebabnya, karena bintik merah berair itu muncul kayak muncul tiba-tiba seperti datang tak dijemput pulang juga tak diantar wkwk. Sssstttt

Lanjut... Awalnya aku dan orang disekitar ku mengira kalok itu kena sawanan (kata orang jawa) atau saraf (kata orang sunda) jadi aku suruh minum jamu sawanan sampai habis 6 bungkus. Alhamdulillah aku orangnya suka-suka aja sama perjamuan. Tapi tidak ada perubahan, malah semakin banyak. Karena bintik merah berair jadi airnya itu kalo pecah nular ketempat lainnya. Udah nyoba juga jamu sawanannya di tempelin ke badan bayi ku, tapi tetep aja.

Udah ada seminggu lebih belum kunjung sembuh juga. Tetanggaku ada yang nyaranin pake minyak kelapa yang buat sendiri. Untung dirumah ada, mertua ku yang bikin waktu aku hamil 9 bulan aku suruh minum itu tp ngk abis. Di olesin minyak kelapa, lumayan ada rekasi. Setelah diolesin, bintik merah berairnya jadi alom/layu. Tapi nambah banyak sampai ke perut dan punggung.

Sudah minta salep dari bidan juga sebelumnya. Namun pemakain sampai 3 hari ngk ada efek sama sekali, masih tetap merah dan tambah banyak.

Panik, khawatir, hampir stres juga iya. Apalagi aku yang selalu disalahin. Dikira aku orang nya ngk bersih lah, kalok nyapu ngk langsung di buang lah. Hadehhhh mencocoklogikan dengan hal yg kadang ngk bisa dipikir. Syudahlahhh esmosi astaghfirullah.

Kebetulan waktu itu pulang ke pringsewu. Keluarga pringsewu udah panik bgt, nyaranin buat langung dibawa ke dokter anak atau dokter kulit. Tapi ibu sambung ku yang punya pengalaman ngurusin 3 orang anak dan pernah kerja jadi babysister nya dokter anak jadi punyak pengalaman. Bayi ku akhirnya coba pakai caladine lotion. Yang begini : 


Alhamdulillah baru 3 hari udah mulai ilang. Sekarang bayi ku ngk pake bedak lagi dan ganti pakai sabun zwitsal. Yang sebelumnya bayi ku pakai bedak bayi ibu, bedak cussons, dan sabun pure.



Aku masih belum tau penyebabnya apa. Ntah karena ngk cocok sama bedak, sabun, atau air. Aku tidak memakaikan bedak lagi karena memang kulit bayi itu sensitif, bedak juga bisa bikin iritasi dan terhirup jika pemakaiannya banyak. Untuk sabun karena waktu ke pringsewu sabun dirumah ngk kebawa akhirnya beli lagi yang zwitsal dan akhirnya cocok, jadi lanjut pake zwitsal.

Begitu ceritanya, ternyata sebagai ibu juga harus belajar mengamati. Mengamati pertumbuhan dan perkembangan bayi ku. Semangat buat para mom's muda. Bayi kita masih bergantung pada kita. Dia adalah anugrah dari Allah.







You May Also Like

2 Comment

  • Bagikan