Gaya Hidup Minimalis

by - Oktober 31, 2019




Gaya hidup minimalis itu menyederhanakan gaya hidup kita. Bisa juga dibilang hidup sederhana. Di zaman sekarang seiring mudahnya segala informasi masuk, segala barang dan jasa mudah masuk di pasaran, dan mudah nya mencari target pangsa pasar. Membuat kita hidup konsumtif.

Hidup yang konsumtif lama kelamaan bisa tidak terkontrol karena kemudahan tersebut. Misalnya untuk membeli barang sesuatu kita bisa buka aplikasi belanja online kemudian klik beli sekarang lalu klik
checkout lalu bayar. Tak masalah dengan kemudahan-kemudahan tersebut. Justru kita harus bisa beradaptasi dengan kemudahan tersebut. Namun perlu kita sadari bahwa semuanya harus terkontrol. Apalagi yang menawarkan diskon tidak  hanya di mall, di aplikasi belanja online pun menawarkan diskon yang ngk ada abisnya, ngk kenal momen, setiap hari bahkan ada diskon.

Dari situlah gaya hidup minimalis perlu diterapkan. Memulai membeli barang yang memang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Ngk perlu mengikuti tren yang sedang booming, kalau barang yang kita punya masih bisa kita gunakan kenapa harus beli yang baru.

Gaya hidup minimalis juga bukan hanya mengenai masalah tersebut. Gaya hidup minimalis juga mencakup spiritual , sosial, dan pikiran kita.

Mengenai spiritual bukan berarti karna minimalis, kualitas ibadah kita jadi minimalis, jadi pendek, atau jadi singkat. Namun mengenai spritual ini kita benar-benar khusyuk dalam melakukan ibadah kita. Dampak spritual ini nantinya yang akan membuat hidup kita jadi tenang.

Mengenai sosial, kita mulai memilih kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Meninggalkan kegiatan yang sia-sia. Misalnya nongkrong di cafe, kumpul sama temen tapi bahasannya ngomongin orang, jalan-jalan ke mall tanpa ada tujuan, dan masih banyak lagi. Daripada sosial kita banyak kita gunakan dengan kesia-sian lebih baik kita gunakan untuk me time atau family time. Dampak mengenai sosial yang ngk kekontrol juga ini yang banyak membuat kita terjerumus ke gaya hidup yang konsumtif.

Mengenai pikiran, kita memulai untuk selalu berpikir positif. Selalu yakin akan usaha dan doa kita. Karena sekrang banyak orang yang meribetkan pikiran mereka. Contohnya ketika seseorang sedang diberi masalah, banyak dari mereka yang ngeluh. Cukup selalu positif thingking untuk hidup kita maka hidup kita akan tenang.

Masih banyak lagi mengenai penerapan gaya hidup minimalis. Nanti akan dibahas di blog selanjutnya. Tentang bagaimana pengalaman aku menerapkan gaya hidup minimalis.

Hamasah

You May Also Like

0 Comment

  • Bagikan