Ketika Harus Dirumah Aja

by - Maret 28, 2020

Sumber : Pinterest

Awalnya himbauan ini terlihat lebay. Banyak yang bertanya-tanya dan menyalahkan. Namun akhirnya banyak juga yang sadar bahwa ini bukan sekedar untuk diri sendiri tanpa untuk semua nya.

Himbaun ini berlaku selama 14 hari namun karena kondisinya belum pulih maka himbauan ini diperpanjang. Update terakhir, untuk pasien yang positif terkena virus covid-19 ini mencapai 1046 (28/03/2002).

Nah karena harus kerja dirumah, belajar dirumah, dan ujian pun dirumah. Akhirnya banyak yang gabut mau ngerjain apa. Disini aku mau kasih referensi kegiatan yang bisa kamu lakuin. Berikut referensi kegiatannya.

1. Maksimalkan peran
Buat kalian yang mempunyai peran ibu, bapak, anak nah ini saatnya kalian memaksimalkan peran. Mungkin yang awalnya waktu untuk keluarga terbatas karena pekerjaan dan sekarang jadi punya waktu banyak untuk keluarga. Untuk yang berperan sebagai ibu, bisa melakukan dengan menghidangkan masakan kesukaan suami dan anaknya. Kemudian bisa ikut mengawasi anaknya menyelesaikan tugas sekolahnya. Mengajak anak untuk beres-beres rumah.

Nah untuk kalian yang berperan sebagai anak bisa bantu orangtua kalian dirumah. Merapihkan kamar, taman, dan kandang ayam. Pokoknya coba ceks setiap sudut rumah kamu, lihat hal apa saja yang bisa dikerjakan.

2. Melakukan hobi
Buat kalian yang udah gabut bingung mau ngapain. Kalian bisa lakuin hobi kalian dirumah. Misalnya yang hobi nulis, kalian bisa mulai nulis. Yang hobi baca, kalian bisa habisin bacaan buku kalian. Yang hobi olahraga bisa lakuin olahraga yang bisa dikerjakan dirumah.

3. Meningkatkan ibadah
Nah menurutku ini adalah hal yang penting. Mungkin selama ini ibadah kita terkesan lalai karena kesibukan dunia kita. Mungkin waktu kita bekerja membuat ibadah sholat kita ketunda-tunda, tilawah kita jadi nganggur karena udah capek. Ini waktu yang tepat untuk kita memperbanyak amal ibadah kita. Belajar lebih khusyuk lagi, memperbanyak tilawah, dan mengerjakan yang sunnah-sunnah.

4. Muhasabah diri
Banyak bertanya kepada diri sendiri. Apa saja sih yang sudah kita lakukan ? Bagaimana perasaan kita sekarang ? Apa yang selalu menghambat pencapain-pencapain kita selama ini ?. Pertanya-pertanya kediri sendiri ini yang akan membuat kita sadar dan membuat kita tergerak untuk melakukan perubahan.

Mungkin empat point itu saja yang dapat saya berikan sebagai referensi ketika kalian dirumah aja. Pasti banyak juga dari kalian yang punya kegiatan yang lebih banyak lagi untuk memaksimalkan dirumah aja. Dirumah harus tetap produktif yaa. Tetap jaga kesehatan, kebersihan, dan lingkungan. Semoga semua ini segera usai.

Terimakasih

You May Also Like

0 Comment

  • Bagikan